RSS

Silabus semester 1

23 Nov

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                    : ……………………………

Kelas                          : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran   : Matematika

Semester                : I (satu)

ALJABAR

Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

1.1 Melakukan operasi aljabar Bentuk aljabar Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan).
  • Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.

Tes tertulis

Uraian

Berapakah:

(2x + 3) + (-5x – 4)

 

2x40mnt

Buku teks
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan).
  • Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

Tes tertulis

Uraian

Berapakah

(-x + 6)(6x – 2)

2x40mnt

1.2 Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

 

 

Bentuk aljabar Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel

 

 

  • Menentukan faktor suku aljabar

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:

1.   4x + 3

2.   2p – 5

3.   (5a – 6)(4a+1)

2x40mnt

Buku teks
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
  • Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

Tes tertulis

Uraian

Faktorkanlah 6a – 3b + 12

2x40mnt

1.3 Memahami relasi dan fungsi

 

 

 

Relasi dan fungsi Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu.
  • Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

Tes lisan

Daftar pertanyaan

Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!

2x40mnt

Buku teks

Lingkungan

    Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
  • Menyatakan suatu fungsi dengan notasi

Tes tertulis

Uraian

Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !

1x40mnt

1.4 Menentu-kan nilai fungsi

 

 

Fungsi Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.
  • Menghitung nilai fungsi

Tes tertulis

Isian singkat

Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=

2x40mnt

Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
  • Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

Tes tertulis

Uraian

Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan

f(2) = 4,  tentukan f(x).

2x40mnt

1.5 Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat Car-tesius

 

 

Fungsi Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi

 

  • Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi

 

Tes tertulis

 

Isian singkat

 

Diketahui f(x) = 2x + 3.

Lengkapilah tabel berikut:

X

0

1

2

3

f(x)        

2x40mnt

 

Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.
  • Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

Tes tertulis

Uraian

Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2.

2x40mnt

1.6 Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus. Garis Lurus Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.
  • Menjelaskan pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk

Tes tertulis

Uraian

Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!

2x40mnt

Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
  • Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu

Tes tertulis

Uraian

Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah . .

2x40mnt

Menggambar garis lurus jika

–  melalui dua titik

–  melalui satu titik dengan gradien tertentu

–  persamaan garisnya diketahui.

  • Menggambar grafik garis lurus

Tes tertulis

Uraian

Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x – 4

4x40mnt

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                    : ……………………………

Kelas                          : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran   : Matematika

Semester                 : I (satu)

Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

2.1 Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua va-riabel

 

 

Sistem Persamaan Linear Dua variabel Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV

 

 

  • Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV

 

 

 

 

Tes lisan

Uraian

Perhatikan bentuk   4x + 2 y = 2

x – 2y = 4

a.   Apakah merupakan sistem

persamaan?

b.   Ada berapa variabel?

c.    Apa variabelnya?

d. Disebut apakah bentuk tersebut?

2x40mnt Buku teks dan lingkungan
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
  • Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

 

Tes tertulis

Isian singkat

Manakah yang merupakan SPLDV?

a.        4x + 2y = 2

x – 2y = 4

b.        4x + 2y ≤  2

x – 2y = 4

c.   4x + 2y >  2

x – 2y = 4

d.        4x + 2y – 2 = 0

x – 2y – 4 = 0

2x40mnt
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
  • Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi

Tes tertulis

Uraian

Selesaikan SPLDV berikut ini:

3x – 2y = -1

-x + 3y = 12

2x40mnt
2.2 Membuat ma-tematika dari masa-lah yang berkaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel

 

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika berbentuk SPLDV

 

 

  • Membuat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV

Tes tertulis

Uraian

Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.

2x40mnt

2.3   Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel dan penaf-sirannya Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel

Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam matematika dalam bentuk SPLDV

 

  • Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya

Tes tertulis

Uraian

Selesaikan SPLDV berikut:

2x + 3y = 8

5x  – 2y =1

2x40mnt

 
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya

 

  • Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis lurus

Tes tertulis

Uraian

Selesaikan SPLDV

4x + 5y = 19

3x + 4y = 15

dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?

4x40mnt

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                    : ……………………………

Kelas                          : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran   : Matematika

Semester                 : I (satu)

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : 3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

3.1   Menggu-nakan Teorema Pythago-ras untuk menentu-kan pan-jang sisi-sisi segi-tiga siku-siku. Teorema Pythagoras Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi.
  • Menemukan Teorema Pythagoras

 

 

Tes tertulis

Uraian

 

Panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm. Tuliskan hubungan antara a, b, dan c. 2x40mnt Buku teks, kertas berpetak, Pythagoras
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku.
  • Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.

Tes tertulis

Uraian

Panjang salah satu sisi segitiga siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain. 2x40mnt
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa

 

  • Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)

 

Tes tertulis

Uraian

Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC. 4x40mnt
3.2 Memecah-kan masa-lah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythago-ras. Teorema Pythagoras Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras

 

  • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa

Tes tertulis

Uraian

Suatu segitiga ABC siku-siku di B dengan besar sudut A = 300, dan panjang AB=c cm

Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC.

2x40mnt
Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb
  • Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb

Tes tertulis

Uraian

Persegipanjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya. 6x40mnt
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

( ……………………………………………..)

NIP/NIK :…………..……………….

 

………, ……, …………… 20…

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( ………………………………….)

NIP/NIK :…….…………….

 

 

 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2011 in RPP-Silabus kelas VIII

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: