RSS

RPP Semester 1

23 Nov

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah          :     ………………………..

Mata Pelajaran          :     Matematika

Kelas                        :    VIII (Delapan)

Semester                   :     1 (Satu)

 

 

Standar Kompetensi   : 1.    Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar                     : 1.1. Melakukan operasi aljabar.

Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran (2 pertemuan).

 

A.     Tujuan Pembelajaran

–      Pertemuan Pertama  :

a.   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.

b.   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pecahan bentuk aljabar.

–      Pertemuan Kedua:

a.   Peserta didik dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.

 

§  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

B.      Materi Ajar

Faktorisasi Suku Aljabar, yaitu mengenai:

a.            Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.

b.   Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.

c.   Menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar.

 

C.     Metode Pembelajaran

i.            Ceramah,

ii.            tanya jawab,

iii.            diskusi,

iv.            pemberian tugas.

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan

–           Pertemuan Pertama

Pendahuluan         :  –     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

–  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti:

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

–       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1, mengenai pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, dan mengenai cara menyelesaikan operasi bentuk aljabar).

–       Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.

–       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis.

–       materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

–       menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

–       memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

–       melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

–       memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

–       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

–       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

–       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

–       Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, mengenai penentuan hasil operasi perkalian dengan menggunakan ubin aljabar dan sifat distributif, serta mengenai penentuan hasil perpangkatan dari penjumlahan atau perkalian suku dua dengan suku dua.

–       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penentuan bentuk aljabar dari suatu masalah dan penyederhanaan bentuk aljabar tersebut,    mengenai penyelesaian perkalian suku satu dengan suku dua menggunakan ubin aljabar, mengenai penyederhanaan perkalian suku dua dengan suku dua dengan menggunakan model ubin aljabar, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

–       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, penentuan bentuk aljabar dari suatu masalah, dan penentuan apakah bentuk aljabar yang diberikan merupakan monomial, binomial, trinomial, atau polinomial, mengenai penentuan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, mengenai penentuan pembagian suku sejenis dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, dan mengenai penentuan hasil perkalian suku dua dengan suku dua, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

–       Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket..

 

§ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

–       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

–       memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

–       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

–       memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru:

–       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

–       melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

–       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

–       merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

 

–           Pertemuan Kedua

Pendahuluan         :  –     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.

–     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

–     Membahas PR.

Kegiatan Inti:

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

–       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada pecahan dalam bentuk aljabar serta cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1. mengenai cara menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar).

–       Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar dan pecahan bentuk aljabar serta cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.

–       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar, mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar, mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, mengenai cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar, dan mengenai cara menyederhanakan pecahan bersusun.

–       materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

–       menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

–       memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

–       melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

 

§ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

–       memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

–       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

–       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

–       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

–       Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penyelesaian perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar, mengenai penyelesaian perpangkatan pecahan bentuk aljabar.

–       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar, mengenai penentuan hasil perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, mengenai penyederhanaan pecahan bentuk aljabar, dan mengenai penyederhanaan pecahan bersusun, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

–       Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.

 

§ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

–       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

–       memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

–       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

–       memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru:

–       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

–       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

 

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber :   

–        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1.

–        Buku referensi lain.

 

Alat :

–                Laptop

–                LCD

–                OHP

 

               F.      Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
  • Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

Tes tertulis

Uraian

  • Berapakah:

(2x + 3) + (-5x – 4)

  • Berapakah

(-x + 6)(6x – 2)

  • Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar

!

Adakah suku sejenisnya?

 

  • Tentukan hasil dari:

a.

b.

c.

d.

e.

 

  • Selesaikanlah.

a.

b.

c.

d.

e.

 

  • Sederhanakanlah.

a.

b.

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

 

 

( ………………………………………………… )

NIP/NIK :…………..…………………

 

………, ……, …………… 20…

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( …………………………………….. )

NIP/NIK :…….…………….

 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2011 in RPP-Silabus kelas VIII

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: