RSS

Silabus semester 2

23 Nov

Silabus PEMBELAJARAN

 

Sekolah                   : ……………………………

Kelas                         : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran  : Matematika

Semester                : II (dua)

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran Lingkaran Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model
  • Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.

 

Tes lisan

Daftar pertanyaan

 

 

Disebut apakah ruas garis ?

2x40mnt

Buku teks, lingkaran, dan lingkungan
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

 

Lingkaran Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran.
  • Menemukan nilai phi

 

 

Unjuk kerja

Tes uji petik kerja

Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).

Berapakah nilai

2x40mnt

Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga

 

  • Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran

 

Tes lisan

Daftar Pertanyaan

Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p.

Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q.

4x40mnt

Menggunakan rumus  keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah.
  • Menghitung keliling dan luas lingkaran.

 

Tes tertulis

Uraian

Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm.

4x40mnt

4.3 Mengguna-kan hu-bungan su-dut pusat, panjang busur, luas juring da-lam peme-cahan masalah. Lingkaran Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama

 

  • Menjelaskan hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama

 

Tes tertulis

Isian singkat

Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.

2x40mnt

Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama.
  • Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.

 

Tes lisan

Daftar Pertanyaan

Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?

2x40mnt

Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng.
  • Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.

 

Tes tertulis

Uraian

Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900

Hitunglah: a. Panjang busur kecil

b. luas juring  kecil

 

4x40mnt

Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

  • Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah

Tes tertulis

Uraian

Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?

4x40mnt

4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

 

Lingkaran Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
  • Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.

Tes tertulis

Uraian

Perhatikan gambar!

 

Berapakah besar sudut P?

Jelaskan!

2x40mnt

Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran

 

 

  • Menjelaskan garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.

 

Tes tertulis

Isian singkat

Perhatikan gambar!

 

 

 

 

Disebut apakah:a) garis AB?

b) garis KL?

2x40mnt

    Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran

 

  • Menentukan  panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar

Tes tertulis

Uraian

Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung:

a)   persekutuan dalam

b)   persekutuan luar

4x40mnt

4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga Lingkaran Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

 

  • Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

 

Tes tertulis

Uraian

Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah lingkaran:

a)   dalam suatu segitiga

b)   luar suatu segitiga

4x40mnt

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

 

 

Silabus PEMBELAJARAN

 

Sekolah                   : ……………………………

Kelas                         : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran  : Matematika

Semester                : II (dua)

Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

5.1 Mengiden- tifikasi sifat-sifat kubus, ba-lok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. Kubus, balok, prisma tegak, limas Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model
  • Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.

 

Tes tertulis

Daftar pertanyaan                W                             V

 

T                             U

S                          R

P                            Q

Perhatikan balok PQRS-TUVW.

a.   Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya!

b.   Sebutkan diagonal ruangnya!

Sebutkan bidang alas dan atasnya!

2x40mnt

Buku teks, lingkungan, bangun ruang sisi datar (padat dan kerangka)
5.2 Membuat jaring-jaring ku-bus, balok, prisma dan limas Kubus, balok, prisma tegak, limas Merancang jaring-jaring

-   kubus

-   balok

-   prisma tegak

-   limas

 

  • Membuat jaring-jaring

-    kubus

-    balok

-    prisma tegak

-    limas

 

Unjuk kerja

Tes uji petik kerja Dengan menggunakan karton manila, buatlah model:

a.       balok

b.       kubus

c.        limas

4x40mnt

5.3 Menghi-tung luas permukaan dan volu-me kubus, balok, pris-ma dan limas Kubus, balok, prisma tegak, limas Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak

 

  • Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak

 

Tes lisan

Daftar pertanyaan 1.Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm.

2. Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alas a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm.

4x40mnt

Menggunakan rumus untuk menghitung  luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas.
  • Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas

 

Tes tertulis

Uraian

Suatu prisma tegak sisi tiga panjang rusuk alasnya 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma.

4x40mnt

Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas.

 

 

  • Menentukan rumus volume kubus, balok, prisma, limas

 

 

Tes lisan

Daftar Pertanyaan 1. Sebutkan rumus volume:

a) kubus dengan panjang rusuk x cm.

b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi t cm.

2x40mnt

Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.

 

  • Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.

 

Tes tertulis

Tes pilihan ganda Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :

A.      206 cm

B.      216 cm

C.      261 cm

D.      648 cm

6x40mnt

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

 

 

( ……………………………………………..)

NIP/NIK :…………..……………….

 

………, ……, …………… 20…

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( ………………………………….)

NIP/NIK :…….…………….

 

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2011 in RPP-Silabus kelas VIII

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: